Rabu, 26 Oktober 2016

Kewirausahaan ( Proposal Usaha Warkop )

PROPOSAL USAHA
“WARKOP SIANIDA COFFEE”
1.      PENDAHULUAN
Setelah dilihat-lihat dan diamati, di Indonesia ternyata masih banyak sekali pengangguran. Bahkan para sarjanapun berpotensi untuk menjadi pengangguran apabila tidak mampu bersaing dibidangnya. Terutama di Makassar ini, banyaknya kejahatan yang terjadi diakibatkan karena pengangguran atau tidak memiliki pekerjaan, dan perasaan malu apabila setelah sarjana tidak mampu memiliki pekerjaan satupun. Maka sebagai warga Negara yang kreatif kita tidak boleh putus asa ataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini, kita harus berusaha, kreatif, inovatif, dan berani mengambil suatu keputusan serta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan tidak harus bergantung pada orang lain. Untuk mewujudkan semua itu dapat dilakukan dengan cara berwirausaha, agar kita dapat semaksimal mungkin untuk mengurangi pengangguran. Dengan cara ini kita dapat belajar mandiri dan bisa memaknai arti pentingnya kehidupan dan secara tidak langsung kita sudah membantu banyak orang yang berpotensi untuk menjadi pengangguran.
2.      LATAR BELAKANG
Usaha ini berawal dari seorang motivator yang sangat memotivasi saya untuk berani mengambil keputusan serta resiko jika ingin memajukan hidup. Sehubungan dengan maraknya perbincangan tentang kopi sianida, kami berinisiatif untuk membangun sebuah Warkop Sianida Coffee yang dilengkapi dengan hotspot agar dapat membangun minat dalam minum kopi sambil mendapat informasi terkini dengan suasana yang lebih santai, nyaman, dan elegan sambil menikmati hidangan makanan dan minuman yang kami sediakan. Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa sangat banyak sekali masyarakat, seperti orang kantoran, pelajar, mahasiswa, dll yang mempunyai minat dalam minum kopi dan mengakses dunia internet. Khususnya masyarakat Makassar yang telah menganggap nongkrong di warkop sebagai gaya hidup. Kondisi ini membuat bisnis warung kopi memiliki prospek bagus asal dikelola bagus. Dengan adanya Warkop Sianida Coffee ini, kami harapkan dapat memberikan wadah atau tempat buat pelajar, mahasiswa dan dari semua kalangan masyarakat untuk bersantai sekedar minum kopi atau mengakses internet. Dan dari informasi-informasi yang saya peroleh dan menurut pandangan saya usaha ini akan mencapai kesuksesan dan maju. Dalam mendirikan usaha ini saya membutuhkan tenaga kerja karyawan yang berpenampilan menarik dan memiliki sopan santun untuk membantu memaksimalkan pelayanan kami nantinya. Dalam menjalankan usaha ini sangat membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya. Kami juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola warkop ini sebaik mungkin. Melihat begitu besarnya biaya usaha yang dibutuhkan, kami tidak akan main-main dalam usaha ini.

3.      PROFIL USAHA
a.       Fisi dan misi
-          Visi            : Menjadikan warkop yang mampu berkompetisi secara sehat
dan mempunyai daya saing yang tinggi.
-          Misi           : - Memberikan layanan yang berorientasi pada kepuasan
konsumen.
-    Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau.
-    Memberikan pelayanan yang berkelas dan elegan.
b.      Strastegi promosi
1)      Untuk hari pertama free 1 gelas kopi atau minuman sejenisnya, untuk satu kelompok ( min 1 pasangan 2 orang ).
2)      Melalui penyampaian informasi ke teman-teman.
3)      Membuat selebaran brosur.
4)      Iklan melalui radio.
c.       Target pasar utama
1)      Pelajar,
2)      Mahasiswa,
3)      Masyarakat umum.


d.      Modal usaha
Usaha untuk mendirikan Warkop Sianida Coffee diperlukan dana kira-kira Rp.11.705.000,00 untuk keperluan membeli peralatan-peralatan yang diperlukan seperti :
1)      Modal untuk peralatan tetap
a)      Meja panjang 3 buah + tikar/karpet 1 meja @475.000 x 3 tikar/karpet/busa.
b)      4 set meja + kursi duduk = Rp.300.000, 250.000, -1 set ( 4 kursi 1 meja ) = 4 x 1.300.000,-
c)      Alat dapur + makan
d)     Kompor ( Quantum )
e)      1 set PC + Router + Wifi (@server) = Rp.900.000, 300.000, 500.000,- = Rp.1.700.000,-
f)       Sewa tempat 2 Th ( 1 tahun @1.500.000,- ) = Rp.3.000.000,-
g)      Jumlah Total = Rp.11.325.000,-
2)      Modal lancaran harian :
a)      Kopi Hitam ( 1pcs ) = Rp.50.000,-
b)      Kopi Mix ( 1 boss isi 100 pcs ) = Rp.90.000,-
c)      Kopi Cappucino ( 1 boss isi 100 pcs ) = Rp.90.000,-
d)     Gula Pasir 1 kg = Rp.10.000,-
e)      Es Batu = Rp.10.000,-
f)       Jumlah Total = Rp.250.000,-
3)      Media promosi :
a)      Pembuatan brosur = Rp.30.000,-
b)      Iklan di radio = Rp.100.000,-
c)      JumlahTotal = Rp.130.000,-
Jadi jumlah total keseluruhan untuk modal awal adalah sebagai berikut : Modal Untuk Peralatan Tetap + Modal Lancar Harian + Media Promosi = Total Rp.11.325.000 + Rp.250.000 + Rp.130.000 = Rp.11.705.000,-
e.       Estimasi keuntungan
1)      Daftar harga
a)      1 gelas es the = Rp.2.500.-
b)      1 gelas kopi hitam = Rp.3.000.-
c)      1 gelas kopi mix = Rp.3.000.-
d)     1 gelas kopi cappuccino = Rp.5.000,-
2)      Asumsi
Jika kita asumsikan jumlah rata-rata pembelian per hari adalah 60 konsumen. Dengan rincian 30 pasangan. 1 pasangan membeli 2 gelas kopi hitam, maka dapat kita rincikan sebagai berikut : Rp.3.000 x 2 Jadi Nilai jual rata-rata satu hari Rp.6.000 x 30 = Rp.180.000,-
a)      Pendapatan kotor perbulan = Rp.180.000 x 30 Jadi Total pendapatan kotor perbulan bulan =  Rp.5.400.000,-
b)      Pengeluaran perbulan
-          Gaji pegawai 2 orang = ( Rp.30.000 x 30 ) x 2 = Rp.1.800.000,-
-          Listrik perbulan = Rp.80.000,-
-          Biaya Speedy perbulan = Rp.950.000,-
-          Jadi total pengeluaran perbulan = 2.830.000,-
c)      Pendapatan bersih perbulan
Pendapatan kotor - pengeluaran = Rp.5.400.000 - Rp.2.830.000 = Rp. 2.570.000,- total bersih pendapatan.
d)     Perhitungan balik modal
Modal awal total bersih : kurang lebih 4,8 bulan = Rp.11.705.000,-
f.       Faktor pendukung
Setiap usaha yang dijalankan suatu waktu pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini ada beberapa faktor yang menurut saya sangat mendukung serta menghambat dalam menjalankannya serta mengembangkan usaha ini. Dibawah ini adalah faktor-faktor yang pendukung dan penghambat :
1)      Faktor-faktor pendukung :
a)      Lokasinya yang mudah dicari dan strategis,
b)      Usaha ini masih jarang dilokasi yang telah ditentukan, sehingga pesaingnya masih jarang dan mudah untuk mendapatkan pelanggan yang banyak,
c)      Harganya tidak begitu mahal dikalangan masyarakat menengah kebawah.
2)      Faktor-faktor penghambat :
a)      Keterbatasan dana yang kami miliki dalam membagi dana belanja, oleh karena itu kami membutuhkan investor,
b)      Kenaikkan harga bahan baku yang tidak stabil harganya,
c)      Faktor sepi pelanggan
3)      Solusi agar dapat memecahkan masalah dalam faktor penghambat dalam usaha yang akan kami dirikan :
a)      Dengan keterbatasan dana belanja kita harus berhati-hati dalam mengeluarkan uang,
b)      Kenaikkan-kenaikkan bahan baku yang tidak stabil pada saat harganya murah kita akan membeli barang yang lebih banyak,
c)      Jika warkop dalam keadaan sepi, kita akan mengevaluasi kinerja untuk mencari kelemahan-kelemahan yang ada dan selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan,
d)     Mengoptimalkan lagi media promosi ke masyarakat.
g.      Struktur organisasi
Dalam usaha ini kami berencana 3 orang, 1 sebagai pimpinan yang bertugas mengawasi dan menghitung rekapitulasi keuangan dan bertanggung jawab penuh terhadap kemajuan usaha ini, 2 orang pegawai yang hanya bertugas melayani pembeli/pelanggan. Berikut struktur kepengurusannya : Investor ( penanam modal ), Warkop Sianida Coffee ( jenis usaha ), pegawai 1 pegawai 2.
h.      Antisipasi masa depan
Sebagai seorang wirausahawan saya akan menekuni usaha ini dan saya berinisiatif membuat tempat penjualan pulsa atau rokok dan lain-lain. Kami akan berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini.
4.      PENUTUP
Menurut pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun zaman sekarang ini banyak tempat nongkrong yang lain selain warkop, tapi saya optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan member harapan yang sangat menjanjikan. Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha ini dapat berjalan lancar. Untuk mejalankan usaha ini dengan tidak pantang menyerah dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat. Saya juga berkeyakinan, untuk mengatasi rintangan yang kami hadapi. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya. Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelolah warkop ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya yang dibutuhkan, saya tidak akan main-main dalam usaha ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar